Rabu, 16 November 2011

cara membaca yang efektif dan efisien

Membaca merupakan aktifitas (kegiatan) yang bertujuan menangkap makna sebuah tulisan. banyak informasi yang di sajikan penulis dalam sebuah karya tulis, entah itu artikel, iklan, puisi, ataupun karya tulis ilmiah. informasi-informasi tersebut bisa berupa hal yang berkaitan dengan 5W 1H, who (siapa), what (apa), where (dimana), when (kapan), whose (miliksiapa) dan how (bagaimana). selain ke enam hal tersebut, informasi dalam karya tulis bisa berupa ide, pesan moral (seperti dalam karya fiksi) dan lain-lain.

maka dari itu ketika membaca, hendaknya kita memperhatikan tujuan membaca kita, karena tujuan tertentu memerlukan teknik membaca tertentu pula. Untuk itu dalam tulisan singkat ini saya akan menyebutkan macam-macam ketrampilan membaca yang antara lain adalah:

1. Scanning skill : merupakan teknik membaca cepat. tujuan dari teknik membaca ini adalah menangkap informasi yang meliputi 5W 1H seperti tersebut diatas.
2. Skimming skill: merupakan cara membaca cepat dengan menekankan pada pehahaman terhadap ide dari sebuah karya tulis.
3. intensive reading skill: merupakan kegiatan membaca teks yang pendek untuk memperoleh informasi secara mendetail dan akurat dengan memperhatikan setiap kata-katanya.
4. extensive reading skill: merupakan teknik membaca dengan seksama dengan kecepatan membaca yang lambat. Penekankan teknik ini adalah informasi yang menyeluruh. cara membaca ini lebih berfokus pada bahasa bukan kata.
sumber: 
http://education-foryou.blogspot.com/2011/07/cara-membaca-yang-efektif-dan-efisien.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar