Rabu, 16 November 2011

Mematikan lampu saat tidur

Sebagian orang tidak menyukai saat tidur dalam keadaan gelap, rasa takut dan hal-hal lain yang membuat mereka enggan untuk mematikan lampu. Padahal jika saat tidur dalam keadaan gelap membawa efek bermanfaat buat kesehatan, bukan hanya menghemat energy, tapi juga lebih aman tentunya.

Mematikan lampu ketika tidur malam yang gelap diam-diam berkolaborasi dengan tubuh. Hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh menghasilkan Melantonin, salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat (Ahli biologi Joan Rober).

Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari – sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melantonin terhenti. Biolog Joan Roberts menemukan rahasia ini setelah melakukan percobaan pada hewan. Ketika hewan diberi cahaya buatan pada malam hari, melantoninnya menurun dan sistem kekebalan tubuhnya melemah.

Rupanya, cahaya lampu – seperti televise, komputer – menyebabkan hormon menjadi sangat lelah. Oleh karena itu, selain menghemat energi, dengan mematikan lampu ketika tidur merupakan cara alami untuk meningkatkan kesehatan tubuh.
 sumber:
http://istqmhr.wordpress.com/2011/10/21/manfaat-matikan-lampu-saat-tidur/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar